Asro Medika

Kamis, 05 September 2013

Diagram Sebab-Akibat (Cause Effect Diagram)/Diagram Tulang Ikan (Fishbone Diagram)/Diagram Ishikawa

Diagram ini adalah diagram yang menggambarkan hubungan antara karakteristik kualitas/ akibat dengan faktor-faktor penyebabnya sehingga didapatkan suatu hubungan sebab akibat untuk mencari akar dari suatu pokok permasalahan ditinjau dari berbagai faktor yang ada.1,2 Diagram ini digunakan sebagai grafik alat bantu manajemen mutu yang memaparkan dan menggambarkan sumber-sumber penyebab variasi suatu proses. Penyusunan diagram ini bertujuan untuk mencari dan menemukan beberapa sumber masalah yang menjadi kunci penyebab suatu masalah.

Tujuan utama dari diagram tulang ikan adalah untuk menggambarkan hubungan antara outcome dan faktor-faktor yang mempengaruhi outcome. Sasaran utama dari penggunaan diagram ini adalah:

- Menentukan akar masalah-masalah

-Memusatkan contoh masalah yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis sebab-akibat (cause effect diagram)/ tulang ikan (fishbone diagram)/ diagram Ishikawa


Reff:

1. Ishikawa, Kaoru. 1986. Guide to Quality Control. Tokyo: Asian Productivity Organization.



1 komentar:

  1. If you're looking to burn fat then you absolutely need to start following this totally brand new custom keto plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are effective, decent, cost-efficient, and delicious.

    From their launch in 2019, 1000's of individuals have already completely transformed their body and well-being with the benefits a smart keto plan can give.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto plan.

    BalasHapus