Asro Medika

Sabtu, 20 Agustus 2011

Faktor resiko Obesitas

·         Genetic :
-          Polymorphisms pada banyak gen mengontrol appetite, metabolisme, dan pelepasan adipokine yang berpengaruh pada obesitas, namun kondisi obesitas membutuhkan faktor kelebihan kalori dan faktor lain agar terbentuk sempurna. Beberapa kondisi genetik yang berhubungan kuat dalam terbentuknya obesitas yaitu Prader-Willi syndrome, Bardet-Biedl syndrome, MOMO syndrome, leptin receptor mutations dan melanocortin receptor mutations, namun mutasi pada satu locus gen hanya ditemukan pada 5% penderita obesitas, sedangkan proporsi majoritas pada gen-gen kausative masih dalam penelitian. Beberapa hasil penelitian tersebut :
Ø  Sebuah penelitian tahun 2007 mengidentifikasi mutasi umum yang terjadi pada FTO gene; heterozygotes memiliki 30% meningkatkan resiko obesitas, sedangkan homozigot memiliki 70% meningkatkan resiko oebsitas.
Ø  Human Obesity 1 Gene (HOB1 gene), penemu Drs. Steen Stone, Drs.Steven Hunt, Donna Shattuch, Ted Adams. (www.myriad.com)
·         Gaya Hidup :
-          Aktivitas fisik yang kurang (sedentary lifestyle)
-          Pola makan yang berlebihan dan banyak mengandung lipid, kolestrol, dll yang menyebabkan obesitas (fast food, snack)
-          Pengaruh psikososial dan lingkungan (mindset, stress)
·         Medical illness
-          Hypothyroidsm
-          Cushing's syndrome
-          Growth hormone deficiency
-          Bulimia nervosa
-          Binge eating disorder 
-          Compulsive overeating
·         Obat-obatan
      Steroids, atypical antipsychotics, beberapa fertility medication (pil KB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar