Asro Medika

Jumat, 25 Maret 2011

BACALAH

Al baqarah (sapi betina)



6. sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman



7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup . Dan bagi mereka siksa yang amat berat



23. Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur’an yang kami wahyukan kepada hamba kami (Muhammad), buatlah satu surat saja yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar



24. Maka jika kamu tidak dapat membuatnya dan pasti kamu tidak akan dapat membuatnya, peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang kafir.



42. Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui



98. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.



110. Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.



116. Mereka (orang-orang kafir) berkata: “Allah mempunyai anak”. Maha suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.



120. Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah : “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.



155. Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.



156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun)



157. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petujuk.



158. ......Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.



· Allah mensyukuri hamba-Nya, memberi pahala terhadap amal-amal hamba-Nya, memaafkan kesalahannya, menambah ni’mat-Nya dan sebgainya



173. sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang ketika disembelih disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.



180. Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapa dan karib kerabatnya secara ma’ruf (adil dan baik), (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertaqwa.



183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.





196. Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah....



212. ...... Dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas



221. Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita yang musyrik, sebelum mereka beriman....



245. Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.



267. Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.



Ali ‘Imran (keluarga ‘Imran)



28. Janganlah orang-orang mu’min mengambil orang-orang kafir menjadi wali* dengan meninggalkan orang-orang mu’min. Barangsiapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali (mu).



*wali jamaknya auliyaa; bearti teman akrab, juga bearti pemimpin, pelindung, atau penolong



56. Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.



85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.



89. kecuali, orang-orang yang taubat sesudah (kafir) itu dan mengadakan perbaikan. Karena sesunggunya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang



90. Sesunguhnya orang-orang kafir sesudah beriman, kemudian bertambah kekafirannya, sekali-kali tidak akan diterima taubatnya; dan mereka itulah orang yang sesat.



92. Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah maha mengetahuinya.



*perumpamaan harta yang dinafkahkan orang-orang kafir

116. sesungguhnya orang-orang yang kafir baik harta mereka maupun anak-anak mereka, sekali-kali tidak dapat menolak azab Allah dari mereka sedikitpun. Dan mereka adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.



117. Perumpamaan harta yang mereka nafkahkan di dalam kehidupan dunia ini, adalah seperti perumpamaan angin yang mengandung hawa yang sangat dingin, yang menima tanaman kaum yang menganiaya diri sendiri, lalu angin itu merusaknya. Allah tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.



* larangan megambil orang Yahudi sebagai teman kepercayaan

118. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu.......



145. Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya....



185. Tiap-tiap berjiwa akan merasakan mati....



186. Kamu sungguh-sunggu akan diuji terhadap hartamu dan dirimu....



An nisaa’ (wanita)



10. Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).



17. Sesngguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan*, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.



*Maksudnya ialah:

· Orang yang berbuat ma’siat dengan tidak mengetahui bahwa perbuatan itu adalah ma’siat kecuali jika dipkirkan lebih dahulu

· Orang yang durhaka kepada Allah baik dengan sengaja atau tidak

· Orang yang melakukan kejahatan karena kurang kesadaran lantaran sangat marah atau karena dorongan hawa nafsu



18. Dan tidaklah taubat tu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang diantara mereka, (barula) ia mengatakan: “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang” Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.



31. Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tepat yang mulia (surga).



36. .......Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,



37. (yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan.



38. Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada mausia, dan orang-orang yang tidak beriman kepad Allah dan kepada hari kemudian....



40. Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahla yang besar.



48. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampni dosa syirik, dan Dia megampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yng dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.



93. Barangsiapa yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahannam, kekal ia didalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.



133. Jika Allah menghendaki, niscaya Dia musnahkan kamu wahai manusia, dan Dia datangkan umat ang lain (sebagai penggantimu). Dan Allah Maha Kuasa berbuat demikian.



148. Allah tidak menyukai ucapan yang buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.



171. Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, ‘Isa putra Maryam itu, adlah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya) yang disampaikan-Nya kepada maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya) Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (itu) lebih baik bagimu. Sesunggunya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang dilangit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allh sebagai Pemelihara.



38. Laki-laki yang mencuri dan peremuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.



*Dialarang berteman akrab dengan orang-orang yahudi dan nasrani dan akibat melanggarnya



51. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebgahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.



72. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Mryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu” Sesungguhnya orang yang memperskutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.



Al An’ aam (binatang ternak)



*derajat seseorang sesuai dengan amalnya

132. Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat yang (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.





Al a’raaf (tepat tertinggi)



31. Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesunggunya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.



55. berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.



56. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.



178. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi.



*Hanya Allah-lah yang mengetahui waktu datangnya hari kiamat



187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat; “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku ; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang dilangit dan di bumi. Kiamat itu tidak datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.



204. Dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.







Al Anfaal (Rampasan Perang)



2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya, bertambahlah iaman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal,



3. (yaitu) oarang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.



55. Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman



At taubah (pengampunan)



17. tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan mesjid-mesjid Allah, sedang mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka.



35. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengan dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan unutk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”.



68. Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bai mereka; dan Allah mela’nati mereka; dan bagi mereka azab yang kekal.



79. (Orang-orang yag munafik) yaitu orang-orang yang mencela orang-orang mukmin yang memberi sedekah dengan sukarela dan (mencela) orang-orang yang tidak memperoleh (untuk disedekahkan) selain sekedar kesanggupannya, maka orang-orang munafik itu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka itu, dan untuk mereka azab yang pedih.



85. Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka (orang munafik) menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki akan mengazab mereka di dunia dengan harta dan anak-anak itu dan agar melayang nyawa mereka, dalam keadaan kafir.



123. hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Alla beserta orang-orang yang bertaqwa.



Yunus



3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran.



5. Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak*. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

* Allah menjadikan semua yang disebutkan itu bukanlah dengan percuma, melainkan dengan penuh hikmah.



12. Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdo’a kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdo’a kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.









Manusia adalah satu umat yang memeluk agama satu



19. Manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih*. Kalau tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dari Tuhan dahulu**, pastilah telah diberi keputusan di antara mereka, *** tentang apa yang mereka perselisikan itu.

* Manusia pada mulanya hidup rukun, bersatu dalam suatu agama, sebagai suatu keluarga. Tetapi setelah mereka berkembang biak dan setelah kepentingan mereka berlain-lain, timbullah berbagai kepercayaan yang menimbulakan perpecahan. Oleh karena itu Allah mengutus rasul yang membawa wahyu dan untuk memberi petunjuk kepada mereka.

** Ketetapan itu ialah bahwa, perselisihan manusia di dunia itu akan diputuskan di akhirat

*** Maksudnya, diberi keputusan di dunia



Huud



9. Dan jika Kami rasakan kepada manusia suatu rahmat (nikmat) dari Kami, kemudian rahmat itu kami cabut daripadanya, pastilah dia menjadi putus asa lagi tidak berterima kasih.



15. Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.



16. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.



123. ........Dan sekali-kali Tuhan-mu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.



Yusuf



103. Dan sebahagian besar manusia tidak akan beriman – walaupun kamu sangat menginginkannya-



105. Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya.



Ar ra’d (guruh)



11. Bagi manusia ada malaikat-malailat yang selalu menjaganya secara bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjagannya atas perintah Allah*. ......



* Bagi tiap-tiap manusia ada malaikat yang tetap menjaganya secara bergiliran dan ada pula beberapa malaikat yang mencatat amalan-amalannya. Dan yang dikehendaki dalam ayat ini ialah yang menjaga secara bergiliran itu, disebut malaikat Hafazhah



22. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang telah kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-oramg itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).



23,. (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucu-nya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.



35. Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa ialah (seperti taman). Mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.



Ibrahim



33. Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.



46. Dan sesungguhnya mereka telah membuat makar yang besar* padahal di sisi Allah-lah (balasan) makar mereka itu. Dan sesunggunya makar mereka itu (amat besar) sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya.

*orang-orang kafir itu membuat rencana jahat untuk mematahkan kebenaran Islam dan mereka berusaha menegakkan kebathilan, tetapi itu tidak menyadari bahwa makar (rencana jahat) mereka itu digagalakan oleh Allah swt



Al Hijr



14. Dan seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu-pintu) langit, lalu mereka terus-menerus naik ke atasnya



An Nahl (labah)



48. Dan apakah mereka tidak memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan Allah yang bayangannya berbolak-balik ke kanan dan ke kiri dalam keadaan sujud kepada Allah, sedang mereka berendah diri.



70. Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan diantara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesunggunya Allah Maha Mengerahui lagi Maha Kuasa.



78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengatahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran dan hati, agar kamu bersyukur.



97. barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesunggunya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.









Al Israa’ (memperjalankan di malam hari)



27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya



30. Sesungguhnya Tuhanmuitu melangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesunggunhnya Dia maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya



32. Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.



79. Dan pada sebhagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat terpuji.



Al Kahfi (gua)



107. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka surga Firdaus menjadi tempat tinggal,



108. mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya



109. Katakanlah: “Kalau sekirannya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)”.



Maryam



60. kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun



Al Anbiyaa’ (nabi-nabi)



1. Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya)



34. Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal?



Al Hajj (haji)



19. Inilah dua golongan (golngan mu’min dan golongan kafir) yang bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.



20. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mreka dan juga kulit (mereka)



21. Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi



22. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan): “Rasailah azab yang membakar ini”.



23. Sesungguhnya Alah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiaram dan pakaian mereka adalah sutera.



Al Mu’minuun (orang-orang yang beriman)



Tujuh buah sifat yang menjadikan orang-orang mu’min beruntung

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman



2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya.



3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna



4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,



5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,



6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.



7. barangsiapa yang mencari yang dibalik itu meka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas



8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,



9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya



10. mereka itulah orang-orang yang mewarisi,



11. (ya’ni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekeal di dalamnya.



An Nuur (cahaya)



2. Perempuan yang berzina dan laki-laki berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.



3. Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min.



26. Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).....



Al Furqaan (pembeda)



Soal-jawab antara Allah dengan sembahan-sembahan orang-orang kafir di hari kiamat

17. Dan (ingatla) suatu hari (ketika) Allah menghimpunkan mereka beserta apa yang mereka sembah selain Allah, lalu Allah erkata (kepada yang disembah): “Apakah kamu yang menyesatkan hamba-hamba-Ku itu, atau mereka sendirikah yang sesat sari jalan (yang benar)?”



18. mereka (yang disembah itu) menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagi kami mengambil selain Engkau (untuk jadi) pelindung*, akan tetapi Engkau telah memberi mereka dan bapak-bapak mereka keni’matan hidup, sampai mereka lupa mengingati (engkau); dan mereka adalah kaum yang binasa.

* setelah mereka dikumpulkan bersama-sama apa yang mereka sembah, yaitu: malaikat, Uzair, nabi Isa a.s danberhala-berhala dan setelah Tuhan menanyakan kepada yang disembah itu, apakah mereka yang menyesatkan orang-orang itu ataukah orang-orang itu yang sesat sendirinya, maka yang disembah itu menjawab bahwa tidaklah patut bagi mereka untuk menyembah selain Allah, apalagi untuk menyuruh orang lain menyembah selain Allah.



53. Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang satu lagi asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding batas yang menghalangi.



70. kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.



An Naml (semut)



82. Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami*

* yang dimaksud dengan “perkataan” di sini ialah datangnya masa kehancuran alam. Salah satu dari tanda-tanda kehancuran alam ialah keluarnya dari bumi sejenis binatang melata yang disebut dalam ayat ini.



Al ‘Ankabuut (laba-laba)



2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?



7 Dan orang-orang yang beriman dan bermal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan



Luqman



18. Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.



27. Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadannya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi maha Bijaksana.



Al Ahzab (golongan yang bersekutu)



59. Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmju dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.



63. ....Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya disisi Allah”



70. Hai orang-orang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,



71. niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta’ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.



Faathir (pencipta)



29. Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.



Ash Shaafaat (yang bershaf-shaf)



43. di dalam surga-surga yang penuh ni’mat



45. Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir



46. (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum



47. Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya



48. Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tiada liar pandangannya dan jelita matanya



63. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim



64. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim



65. mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan



66. maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebahagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu



67. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas



Az Zumar ( rombongan-rombongan)



49. Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila kami berikan kepadanya ni’mat dari Kami ia berkata: “Sesungguhnya aku diberi ni’at itu hanyalah karena kepintaranku”. Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.



54. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)



68. Dan ditiupkanlah sangkakala, maka matilah siapa yang dilangit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiupkan sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing- masing)



69. Dan terang benderanglah bumi (padang masyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan di datangkanlah para nabi dn saksi-saksi san diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan.



71. Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamju ayat- ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?” mereka menjawab: “Benar (telah datang)”. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang kafir.



73. Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Tuhannya dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga- penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”.





Al Mu’min (orang yang beriman)



7. (malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka meminta ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, mka berilah ampunan kepada orang- orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan periharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,



8. ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak- bapak mereka, isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana



10. dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah engkau anugerahkan rahmat kepadannya dan itulah kemenangan yang besar.



Fushshilat (yang dijelaskan)



10. Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat hari. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang- orang yang bertanya.



11. Kemudian Dia menuju langit dan lengit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada Bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati:.



12. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua hari dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui



20. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan



Asy Syuura (musyawarat)



20. Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagiapun di akhirat.



27. Dan jakalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikenhendakinya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.



30. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)



44. Dan siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada beginya seorang pemimpinpun sesudah itu. Dan kamu akan melihat orang-orang zalim ketika mereka melihat azab berkata: “Adakah kirangnya jalan untuk kembali (ke dunia)?”



Al Hujuraat (kamar-kamar)



13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.



Qaaf



16. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,



17. (yaitu) ketika kedua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.



18. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir



Ath Thuur (bukit)



48. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri



49. dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (diwaktu fajar).



An Najm (bintang)



31. Dan hanya kepunyaan Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang di bumi supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga)



32. (Yaitu) orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuahnmu Maha Luas ampunanNya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui orang yang bertaqwa.



Ar Rahman (yang maha pemurah)



37. Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti kilapan minyak



38. Maka ni’mat Tuhan manakah yang kamu dustakan?



43. Inilah neraka Jahannam yang didustakan oleh orang-orang berdosa



44. Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya.



Al Waaqi’ah (hari kiamat)



1. Apabila terjadi hari kiamat



4. apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya,

5. dan gunung-gunung dihancur luluhkan sehancur-hancurnya,



6. maka jadilah dia debu beterbangan,



7. dan kamu menjadi tiga golongan



golongan kanan, golongan kiri dan orang-orang yang paling dahulu beriman

8. Yaitu golongan kanan*. Alangkah mulianya golongan kanan itu.

· golongan kanan, ialah orang-orang yang menerima buku-buku catatan amal mereka dengan tangan kanan



9. Dan golongan kiri*. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu

· golongan kiri, ialah orang-orang yang menerima buku-buku catatan amal mereka dengan tangan kiri



10. Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga).



Balasan kepada orang-orang yang paling dahulu beriman



11. Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah)



12. Berada dalam surga keni’matan



15. Mereka berada di atas dipan yang bertahtahkan emas dan permata,



17. mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda,



18. dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir



19. mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk,



20. dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih,



21. dan daging burung dari apa yang mereka inginkan



22. Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari bermata jeli,



23. laksana mutiara yang tersimpan baik.



24. Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan



Balasan kepada golongan kanan



27. Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu



28. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri



29. dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),



30. dan naungan yang terbentang luas,



31. dan air yang tercurah,



32. dan buah-buahan yang banyak,



33. Yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya,



34. dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk



35. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung*

* maksudnya mereka diciptakan tanpa melalui kelahiran dan langsung menjadi gadis



36. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan,



37. penuh cinta lagi sebaya umurnya,



Azab atas golongan kiri dan tempelak untuk mereka



41. dan golongan kiri, siapakah golongan kiri itu



42. Dalam (siksaan) angin yang amat panas dan air yang panas mendidih,



43. dan dalam naungan asap yang hitam



52. benar-benar akan memakan pohon zaqqum,



53. dan akan memenuhi perutmu dengannya



54. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas



55. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum



56. itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan



Al Hadid (besi)



12. Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak



Al Hasyr (pengusiran)



21. Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah-belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir





Al Jumu;ah (hari Jum’at)



9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih bagimu jika kamu mengetahui



Al Mulk (Kerajaan)



26. Katakanlah: “Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah.....



Al Haaqqah (hari kiamat)



13. Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup*

· maksudnya: ialah tiupan yang pertama yang pada waktu itu alam semesta menjadi hancur



14. dan diangkatlah buni dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur



16. dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah

Al Muzzammil (orang yang berselimut)



2. bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari*, kecuali sedikit (daripadanya)

*sembahyang malam ini mula-mula wajib, sebelum turun ayat ke 20 dalam surat ini. Setelah turunnya ayat ke 20 ini hukumnya menjadi sunat



3. (yaitu) seperdua atau kurangilah dari seperdua sedikit,



4. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan



Al Muddatstsir (orang yang berkemul)



23. kemudian dia berpaling (dari kebenaran) dan menyombongkan diri,



26. Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) saqar



28. Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan*

* Yang dimaksud dengan “tidak meninggalkan dan tidak membiarkan” ialah apa yang dilemparkan ke dalam neraka itu diazabnya kemudian dikembalikannya sebagai semula untuk diazab kembali



29. (neraqa Saqar) adalah pembakar kulit manusia



30. Di atasnya ada sembilanbelas (malaikat penjaga)



Al Qiyaamah (hari kiamat)



Keadaaan manusia di saat sakratul maut



26. Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai kerongkongan,



27. dan dikatakan (kepadanya): “Siapakah yang dapat menyembuhkan?”,



28. dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan (dengan dunia),



29. dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan)*

*karena hebatnya penderitaan di saat akan mati dan ketakutan akan meninggalkan dunia dan menghadapi akhirat



Al Insaan (manusia)



17. Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe

18. (yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil





Al Infithaar (terbelah)



1. Apabila langit terbelah

2. dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan

3. dan apabila lautan dijadikan meluap,

4. dan apabila kuburan-kuburan dibongkar

5. maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya



Ath Thaariq (yang datang di malam hari)



Tiap-tiap manusia itu ada yang menjaganya

1. Demi langit dan yang datang pada malam hari,

2. tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu?,

3. (yaitu) bintang yang cahayanya menembus,

4. tidak ada suatu jiwapun (diri) melainkan ada penjaganya



Al Fajr (Fajar)



Penghargaan Allah terhadap manusia yang sempurna imannya



27. Hai jiwa yang tenang



28. kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya



29. Maka masukkanlah ke dalam jema’ah hamba-hambaKu,



30. dan masuklah ke dalam surga-Ku



Al ‘Alaq (segumpal darah)



5. ketahuilah! Sesungguhnya manusia itu benar-benar melampaui batas,

6. karena dia melihat dirinya serba cukup

7. Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah kembali(mu)



Al Bayyinah (bukti)



8. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk



Al Qaari’ah (hari kiamat)



8. Dan adapun orang-orng yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

9. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah

10. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

11. (yaitu) api yang sangat panas



Al Humazah (pengumpat)



1. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,

2. yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya*

· mengumpulkan dan menghitung-hitung harta yang karenanya dia menjadikan kikir dan tidak mau menafkahkannya di jalan Allah



4.....Sesungguhnya di benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah



5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?



6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,



7. yang (membakar) sampai ke hati



8. sesunguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,



9. (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar