Asro Medika

Selasa, 24 April 2012

DEFEK LAPANG PANDANGAN



I.                   DEFINISI JARAS PENGLIHATAN (Visual Pathway)
Jalur penglihatan merupakan saluran saraf dari retina ke pusat penglihatan pada daerah oksipital otak. Terdapat beberapa dasar jalur penglihatan, seperti:
-          Retina bagian nasal dari macula diproyeksikan ke arah temporal lapang pandangan
-          Serabut saraf bagian nasal retina menyilang kiasma optik.
-          Serabut saraf bagian temporal berjalan tidak bersilang pada kiasma optic.

II.                DEFINISI LAPANG PANDANGAN
Bila kita memfiksasi pandangan kita ke satu benda, benda ini terlihat nyata, sedangkan benda-benda di sekitarnya tampak kurang tajam. Seluruh lapangan yang terlihat, bila kita memfiksasi mata ke satu benda disebut lapangan pandang. Terdapat tiga jenis lapangan pandang; lapangan makular yaitu lapangan pandang yang paling jelas dilihat oleh kedua mata, lapangan binokular yang dilihat oleh kedua mata secara umumnya dan lapangan monokular yaitu kawasan yang bisa dilihat oleh salah satu mata saja. Lapang pandangan normal pada satu mata terletak 90o temporal, 80o merdial, 60o atas dan 75o bawah.



III.             DEFINISI DEFEK LAPANG PANDANGAN
Defek lapang pandangan adalah hilangnya sebagian lapang pandangan yang normal dan berbeda dari buta pada satu mata atau buta pada dua mata. Defek lapangan pandang biasanya disebabkan oleh lesi di berbagai lokasi dalam jaras penglihatan, yaitu dari retina sampai daerah oksipital otak.

IV.             ETIOLOGI DAN JENIS DEFEK LAPANG PANDANGAN






Etiologi:
Gangguan lapang pandangan sering diakibatkan kerusakan fungsi pada kiasma optic. Pada kiasma terjadi persilangan serabut saraf optic bagian nasal. Kelianan pada daerah ini dapat disebabkan tekanan tumor intraselar ataupun supraselar. Kraniofaringoma dapat merupakan penyebab utama penekanan kiasma.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar