Asro Medika

Selasa, 24 April 2012

HORDEOLUM




DEFINISI
            Hordeolum adalah infeksi kelenjar pada palpebra. Bila kelenjar meibom yang terkena timbul pembengkakan besar yang disebut hordeolum interna, sedangkan bila hordeolum eksterna yang lebih kecil dan lebih superficial adalah infeksi kelenjar Zeiss atau moll.

GEJALA KLINIS
            Hordeolum merupakan nodul yang nyeri, nyeri bila ditekan, seperti gambaran abses, dan eritema. Hordeolum bisa rupture dan menghasilkan pus yang purulen. Hordeolum biasanya self-limited, sembuh spontan dalam 1-2 minggu.
PATHOGENESIS
            Hordeolum merupakan peradangan atau nodul infeksius yang berkembang pada kelopak mata. Biasanya hordeolum merupakan akibat dari infksi skunder pada kelenjar sebasea.
PENANGANAN
Untuk kasus Hordeolum level kompetensi dari dokter umum adalah 3a yaitu:
Mampu membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan  fisik dan pemeriksaan- pemeriksaan  tambahan  yang  diminta  oleh  dokter  (misalnya  :  pemeriksaan laboratorium sederhana atau X-ray). Dokter dapat memutuskan dan memberi terapi pendahuluan,  serta merujuk ke  spesialis yang  relevan  (bukan kasus gawat darurat).

            Penatalaksanaan awal yang bisa dilakukan adalah melakukan kompres hangat serta melakuakn pembersihan pus jika sudah terjadi rupture dari hordeolumnya. Tidak diberikan antibiotic topical karena kurang bermakna kecuali disertai blepharoconjungtivitis. Kemudian merujuk ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.
KOMPLIKASI
Selulitis palpebra dan abses palpebra



DAFTAR PUSTAKA

1.      Vaughan, D.G. Oftalmologi Umum, Edisi 14, Cetakan I, Widya Medika, Jakarta, 2000: Hal 17-20
  1. Ilyas, S. Penuntun Ilmu Penyakit Mata. Edisi Ketiga. Balai Penerbit FK UI, Jakarta;2005.
  2. American academy of ophthalmplogy Basic and clinical science course. External disease and Cornea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar