Asro Medika

Rabu, 27 Juli 2011

Kedokteran Komunitas

1. 1  Pengertian Kedokteran Komunitas
      Kedokteran komunitas merupakan cabang ilmu kedokteran yang memperhatikan kebutuhan dan kondisi kesehatan pada sekelompok penduduk. Kedokteran komunitas berkaitan dengan masalah dan penyakit yang luas dalam komunitas, dan tidak berkaitan dengan pengobatan dan  perawatan pasien secara perorangan. Dengan demikian, Kedokteran komunitas dapat digambarkan sebagai keseluruhan dari rangkaian aktifitas yang bertujuan memberikan kontribusi bagi kesehatan komunitas tersebut, baik yang dilakukan secara perorangan ataupun secara berkelompok.

1.2.  Pengertian Komunitas
      Komunitas merupakan “sekelompok populasi dari penduduk yang hidup dalam area terbatas”. Kelompok populasi tersebut terdiri dari banyak sub-kelompok kecil yang memiliki perbedaan, baik dalam hal minat, keyakinan, tujuan yang ingin dicapai, dan nilai-nilai yang ada diantara mereka. Melalui usaha perbaikan status kesehatan pada salah satu sub-kelompok tersebut, secara tidak langsung akan memberikan kontribusi bagi status kesehatan dari keseluruhan komunitas tersebut. Sub-sub kelompok yang dapat diintervensi, antara lain: balita, anak-anak, dan kelompok pekerja.

1.3  Sejarah Timbulnya Kedokteran Komunitas
      Perkembangan kedokteran komunitas dipandang sebagi lanjutan dari kedokteran Sosial di Eropa Barat. Sejak th. 60-an istilah kedokteran komunitas banyak digunakan di A.S. sebagai upaya mengatasi krisis dalam sistim kesehatan disana yang berkaitan dengan organisasi pelayanan kesehatan dan kedokteran yang memudahkan timbulnya kepincangan dan kedokteran yang memudahkan timbulnya kepincangan pelayanan antara berbagai daerah dan negara bagian distribusi tenaga dan fasilitaskesehatan/kedokteran yang tidak seimbang pengobatan dan perawatan yang tidak lengkap karena terpecah-pecah dan tidak berkesinambungan akibat perkembangan spesialisasi kedokteran dan mutu perawatan yang berbeda biaya yang mahal dan tidak sebanding dengan pencapaian taraf kesehatan penduduk pada umumnya, dan Tidak adanya program pendidikan kesehatan masyarakat yang teratur.
      Masalah rumit dengan berbagai faktor penyebab itu mendorong suatu pendekatan bersama antara berbgai cabang ilmu pengetahuan untuk menyesaikannya selarasdengan konsep kedokteran komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar