Asro Medika

Rabu, 27 Juli 2011

Sehat dan Sakit Sebagai Suatu Konsep




2.1  Definisi Sehat dan Sakit
      Sampai saat ini, tidak ada definisi tentang sehat yang disepakati secara umum. Definisi yang diterima luas sampai saat ini adalah definisi yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), tahun 1947, yang berbunyi :

" Health is a state of complete physical, mental and social well-being, and not merely an absence of disease or infirmity'

      Dalam Undang-undang nomor 23 tahun 1992, tentang kesehatan, dalam Bab I, Pasal 1, butir 1, yang berbunyi: " Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial, yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis".

Perkin (1938)
"Sehat adalah fungsi suatu keadaan yang seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dengan pelbagai faktor yang berusaha  mempengaruhinya".

WHO (1957)
"Sehat sebagai suatu keadaan dan kualitas dari organ tubuh yang berfungsi secara wajar dengan segala faktor keturunan ataupun Iingkungan yang dipunyai"

P. White (1977)
"Sehat sebagai suatu keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keIuhan  ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit atau kelainan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar