CHAT( checklist for autism in toddlers)
A | Alloanamnesis | Ya | Tidak |
1. | Apakah anak senang diayun-ayun atau diguncang-guncang naik turun di paha anda? | | |
2. | Apakah anak tertarik (memperhatikan) anak lain? | | |
3. | Apakah anak suka memanjat seperti memanjat tangga? | | |
4. | Apakah anak suka bermain “cilukba”/”petak umpet”? | | |
5. | Apakah anak pernah bermain seolah-olah membuat secangkir the menggunakan mainan berbentuk cangkir dan teko atau permainan lain? | | |
6. | Apakah anak pernah menunjuk atau meminta sesuatu dengan menunjukkan jari? | | |
7. | Apakah anak pernah menggunakan jari untuk menunjuk ke sesuatu agar anda melihat kesana? | | |
8. | Apakah anak dapat bermain dengan mainan yang kecil (mobil atau kubus) | | |
9. | Apakah anak pernah memberikan suatu benda untuk menunjukkan sesuatu? | | |
B | Pengamatan | Ya | Tidak |
1. | Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata) dengan pemeriksa? | | |
2. | Usahakan menarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu di ruangan pemeriksaan sambil mengatakan: “lihat itu ada bola (atau mainan lain). Perhatikan mata anak apakah ia melihat ke benda yang ditunjuk, bukan melihat tangan pemeriksa | | |
3. | Usahakan menarik perhatian anak, berikan mainan gelas/cangkir dan teko. Katakana pada anak,”buatkan secangkir susu buat mama!” | | |
4. | Tanyakan pada anak: “tunjukkan mana gelas”. Apakah anak menunjukkan benda tersebut dengan jarinya? Atau sambil menatap wajah anda ketika menunjuk ke suatu benda? | | |
5. | Apakah anak dapat menumpuk beberapa kubus/balok menjadi sebuah menara? | | |
Ket:
Resiko tinggi menerita autis bila jawaban tidak pada A5, A7, B2,B3,B4
Resiko rendah menderita autis bila jawaban tidak pada A7 dan B4
Gangguan perkembangan lain jika jawaban tidak jumlahnya 3 atau lebih untuk pertanyaan A1-A4, A6, A8-9, B1, B5
Normal: bila tidak termasuk kategori 1,2,3
Tutorial Blok 18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar