Asro Medika

Rabu, 16 November 2011

DIAGNOSIS BANDING Autis



ASD
Retardasi mental
ADHD
Sindrom Asperger
bahasa, komunikasi
terlambat atau sama sekali tidak berkembang
terlambat atau sama sekali tidak berkembang
berkembang baik
bahasa berkembang baik, komunikasi akan terlambat berkembang
perilaku, motorik kasar dan halus
terbatas, stereotipik, hiperaktif, otot hipotonik tetapi tidak ada gangguan motorik
terbatas, stereotipik, pasif, ada gangguan motorik
stereotipik, hiperaktif, otot tidak hipotonik, tidak ada gangguan motorik
terbatas, stereotipik, tidak hiperaktif, tidak ada gangguan motorik
interaksi sosial
kegagalan untuk bertatap mata, menunjukkan ekspresi fasial, maupun postur dan gerak tubuh, untuk berinteraksi secara layak, inatensi,  menarik diri
inatensi, ketergantungan
kontak mata ada, tetapi ada gangguan interaksi sosial, inatensi, tidak menarik diri
kegagalan untuk bertatap mata, menunjukkan ekspresi fasial, maupun postur dan gerak tubuh, untuk berinteraksi secara layak, atensi baik, menarik diri
emosional
kurangnya empati, agresif tetapi dapat pula terlalu diam
agresif dengan kontrol impuls yang buruk, dapat pula diam dan terlihat depresi
kurangnya empati
kurangnya empati
kognitif
tidak mampu untuk bermain secara imajinatif
sangat menurun
berkembang lebih baik
berkembang lebih baik
memori
terganggu karena jarang sekali dirangsang akibat interaksi sosial dan emosi yang kurang
sangat menurun

tidak terganggu karena masih dirangsang oleh kognitif dan kemampuan bahasa  yang masih baik
Tabel 1. Diagnosis Banding Autism Spectrum Disorder
Kriteria
Gangguan Autistik
Gangguan Bahasa Reseptif/Ekspresif Campuran
Insidensi
2-5 dalam 10.000
5 dalam 10.000
Rasio jenis kelamin (L:P)
3-4 : 1
Sama atau hampir sama
Riwayat keluarga adanya keterlambatan bicara atau gangguan bahasa
25% kasus
25% kasus
Ketulian yang berhubungan
Sangat jarang
Tidak jarang
Komunikasi nonverbal (gerak-gerik,dll)
Tidak ada atau rudimenter
Ada
Gangguan artikulasi
Lebih jarang

Tingkat intelegensia
Sering terganggu parah
Terganggu tp kurang parah
Pola tes I.Q.
Tidak rata
Lebih rata
Perilaku autistic, gangguan kehidupan social, aktivita stereotipik dan ritualistik
Lebih sering, lebih parah
Tidak ada atau jika ada kurang parah
Permainan imaginatif
Tidak ada atau rudimenter
Biasanya ada
Tabel 2. Perbedaan Gangguan autistik dan Gangguan Bahasa

Diagnosa banding lainnya :
·         Gangguan pendengaran : bayi yang autistic jarang bercoleteh sedangkan bayi yang tuli biasanya memiliki riwayat coleteh yang relative normal dab selanjutnya secra bertahap menghilang dan berhenti pada usia 6 bulan sampai 1 tahun.selain itu anak tuli berespon terhadap suara keras dan dekat dengan orang tuanya. Yang penting adalah audiogram menyatakan kehilanagn pendengaran  yang bermakna.
·         Gangguan disintegrative:  perkembangan maju dengan normal selama 2 tahun  pertama, anak menunjukkan kehilangan keterampilan yang telah dicapai sebelumnya dalam dua atau lebih bidang berikut : pemakaian bahasa,responsivitas social,bermain,keterampilan motorik, dan pengendalian kandung kemih dan usus.
Tutorial Blok 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar