Asro Medika

Rabu, 16 November 2011

Golongan Sulfonilurea

Golongan obat ini sering disebut sebagai insulin secretagogeus. Kerja dari obat ini adalah dengan merangsang sekresi insulin dari granul sel-sel  β langerhans pankreas. Rangsangannya  melalui interaksi dengan ATPsensitive K channel pada membran sel-sel  β yang menimbulkan depolarisasi membran dan keadaan ini akan membuka kanal Ca ++, sehingga ion Ca ++ akan masuk sel  β, merangsang granula yang berisi insulin dan akan terjadi sekresi insulin dengan jumlah yang ekuivalen dengan peptida-C. Selain itu, sulfonilurea  juga dapat mengurangi klirens insulin di hepar (Suherman, 2007)(versi farmakologi UI)
Sulfonylurea berikatan dengan suatu reseptor sulfonylurea yang berdaya afinitas tinggi 140kDa yang dihubungkan dengan suatu kanal kalium yang sensitive ATP yang menyebabkan aliran ke dalam sel B. Dengan mengikat satu sufonilurea berarti menghambat aliran ion kalium ke luar melalui kanal dan menyebabkan terjadinya depolarisasi. Sebaliknya,depolarisasi membuka kanal kalsium yang dibuka oleh voltase dan menyebabkan aliran kalsium ke dalam dan terjadi rilis insulin. Penyakat kanal kalsium dapat mencegah sulfonylurea in vitro,tetapi diperlukan 100-1000 kali konsentrasi penyakat kalium ddari kadar terapeutik biasa unutk mencapai efek penyekatan seperti yang dimaksudkan tersebut,diduga karena kanal kalsium sel-sel B tidak serupa dengan kanal kalsium tipe L dari system kardiovaskular.
Selain menyebabkan depolarisasi sel B melalui hambatan kanal kalium,sulfonylurea mungkin memiliki fungsi seluler tambahan,karena hingga 90% protein yang mengikat sulfonylurea terletak pada membrane intraseluler,termasuk granul sekretorik. Telah terbukti bahwa sulfonylurea mengadakan potensiasi eksositosis pada granul yang mengandung insulin dengan langsung bekerja pada protein pengikat  tersebut.(katzung694-695)
Sulfonilurea à pemblok selektif kanal K+ (ATP-sensitive K+ channel) pada pancreas à depolarisasi à konsentrasi Ca++ intrasel naikàsekresi insulin (http://zulliesikawati.staff.ugm.ac.id/wp-content/uploads/target-of-drug-action.pdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar